Diskominfo Depok Miliki Enam Program Unggulan Smart City Tahun 2021

Ket foto:
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono.

DEPOK, jurnalitas.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok telah merumuskan enam program unggulan pada Smart City, guna membangun Kota Depok semakin lebih baik lagi.

Dikatakannya , sebenarnya terkait Smart City konsepnya mengikuti master plan yang sudah ada.

“ Sebenarnya masing-masing Perangkat Daerah (PD) juga telah punya rencana sendiri,” tuturnya kepada awak media belum lama ini di ruang kerjanya.

Lanjut Sidik , beberapa hari yang lalu pihaknya telah mengevaluasi melalui tinjauan lapangan secara webinar. Terdapat enam quick win yang diambil dari masing-masing dimensi. Antara lain, smart governance dengan nama progfam easy tax, smart living dengan program picodep atau pusat informasi Covid-19, smart enviroment dengan program zero waste.

“Kemudian branding dengan program city tour. smart society dengan program sekolah ayah bunda, dan smart ecomomi dengan program D’Comart,” terangnya .

Dia menjelaskan, terkait smart governance easy tax, memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya, Wajib Pajak (WP) yang terdaftar akan mendapatkan reduksi berupa potongan pajak yang tadinya 10 persen menjadi tujuh persen.

Selanjutnya, dimensi smart living dengan program picodep atau pusat informasi Covid-19 Depok, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mampu melakukan pendataan secara efektif terhadap Covid-19 di Kota Depok.

“Kemudian smart enviroment dengan program zero waste, mengunggulkan program jemput sampah organik serta penyetoran minyak jelantah. Ada pula, dimensi smart economi dengan program D’Comart yang merangkul dan mengoptimalkan koperasi.

“Hal itu bisa menggairahkan ekonomi, apalagi di masa pandemi Covid-19. Bisa untuk memulihkan ekonomi. Kemudian, smart society dengan program sekolah ayah bunda yang baru ada di Kota Depok,” tambahnya.

Pada dimensi smart branding dengan program city tour, diinisiasi oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata), diharapkan mampu meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam melakukan penggalian potensi yang ada di Kota Depok.

“Branding ini diharapkan mampu meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam melakukan penggalian potensi yang ada di Kota Depok,” tutupnya. (Rita Diah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *