Walikota Depok Berharap Festival Belimbing Dapat Memajukan Pertanian

 


Walikota Depok Mohammad Idris menyerahkan hadiah kepada Juara I Festival Belimbing tahun 2020

DEPOK, jurnalitas.com – Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk melestarikan produk-produk pertanian di Kota Depok, salah satunya adalah belimbing dewa yang menjadi ikon Kota Depok.

“Insya Allah, kita berkomitmen untuk melestarikan produk-produk pertanian di Kota Depok dengan berbagai cara,” kata Mohammad Idris dalam acara Festival Belimbing Tahun 2020 di Halaman Kantor Balaikota Depok, Selasa (10/03/2020).

Menurutnya, produk yang dihasilkan petani-petani belimbing di Kota Depok adalah produk yang berkualitas meskipun masih terkendala dengan keterbatasan lahan. Karena itu, ujarnya,  pemerintah akan berupaya untuk bisa memiliki lahan pertanian yang tidak bisa diganggu gugat.

“Petani belimbing yang ada memang sudah sejak lama daerah asalnya menjadi pusat pertanian belimbing , seperti di wilayah Kelapa Dua, Cimanggis. Namun ada juga beberapa petani yang sudah merubah lahannya dengan disewakan ke pihak lain,” tuturnya

Dengan adanya Festival Belimbing ini, tambah Walikota, merupakan salah satu cara agar para pembudidaya belimbing di Kota Depok tetap memiliki semangat dan harapan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan festival ini belimbing dewa akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan belimbing dewa ini sekarang hampir tersebar di seluruh kecamatan di Kota Depok,” ungkapnya.

Walikota berharap, festival belimbing ini dapat memajukan pertanian di Kota Depok, khususnya komoditas belimbing sehingga budidaya belimbing dapat menjadi produk yang tidak hanya mengharumkan nama Kota Depok tetapi juga mampu memberikan dampak ekonomi kepada para pelaku usaha pertanian.

“Berkah selalu buat petani belimbing. Saya berharap masyarakat Depok lebih mengetahui, memaham, menyadari serta mengakui bahwa produk yang dihasilkan petani Kota Depok adalah produk yang berkualitas,” tandasnya

Ditempat yang sama kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3 ) Kota Depok,  Diah Sahdiah mengatakan,  belimbing Dewa Kota Depok sangat terkenal di seluruh Indonesia karena bentuknya yang besar-besar dengan citra rasa yang manis.
Festival Belimbing Kota Depok,  menurut dia,  selain mempromosi belimbing sebagai ikon kota Depok, juga sekaligus mempromosi belimbing kepada masyarakat.

“Untuk itu di festival ini kami menyiapkan sebanyak 1,5 ton belimbing dewa yang akan dibagi secara gratis kepada pengunjung di pembukaan festival ini,” katanya
Di festival ini juga diberikan hadiah belimbing kepada pengunjung yang pertama datang festival.
“Kami juga mengadakan lomba buah belimbing dengan pesertanya para petani Kota Depok,” ujarnya

Panitia tambahnya menyediakan hadiah uang untuk juara pertama sampai harapan dua.Besarnya hadiah bervariasi mulai dari Rp750 ribu sampai Rp3 juta rupiah.

Dewan juri lomba belimbing terdiri perwakilan petani belimbing,  perwakilan Ditjen Pangan dan Hortikultura Departemen Pertanian serta perwakilan IPB. (Lucy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *