Danramil Sawangan Imbau Hidup Sehat Untuk Cegah DBD

Jurnalitas.com. DEPOK l – Penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kota Depok, tidak dapat sepenuhnya disalahkan kepada pemerintah saja, dan juga bukan karena terjadinya perubahan musim, dari kemarau ke musim penghujan. Hal tersebut dikatakan Danramil 05/Sawangan, Kodim 0508/Depok Kapten Arm Erwin Saputra saat berbincang dengan awak media terkait jumlah penderita DBD, di Makoramil 05/Sawangan, Senin (28/01/2019).

“Penyakit DBD itu meningkat dikarenakan terjadinya perubahan musim dari kemarau ke penghujan. Tetapi itu biasanya terjadi di lingkungan warga yang tidak menjalani pola hidup sehat. Ini bukan karena pemerintah,” kata Erwin.

Menurut catatan Erwin, sepekan kebelakang banyak warga Sawangan terkena DBD. Dan warga mengeluh hal itu dikarenakan tidak maksimalnya kinerja pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan.

“Menurut saya, ini tidak dapat serta merta disalahakan ke pemerintah semata. Ini lebih dititik beratkan kepada masyarakat itu sendiri. Karena pola hidup sehat seperti buang sampah sembarang juga bisa jadi penyebabnya,” tegas Erwin.

Lebih jauh Erwin menjelaskan, kalau masyarakat menjalankan pola hidup sehat di lingkungannya, Insyya Allah tak akan terjangkit virus tersebut. Meski intervensi terus dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran wabah DBD meluas ke berbagai wilayah, diantaranya dengan fogging, 3M plus (menguras, menutup dan mengubur), virus DBD akan terus menular jika tidak menjalankan pola hidup sehat.

Karena itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat Sawangan khususnya, untuk menjalankan pola hidup sehat, agar terhindar dari virus yang mematikan itu.

“Pola hidup sehat penting dilakukan oleh masyarakat guna mencegah penularan penyakit DBD. Adapun pola hidup sehat contohnya adalah membiasakan rajin merapikan dan membersihkan rumah serta lingkungan.

“Jangan biarkan pakaian menumpuk di dalam ruangan. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan endapan air karena itu berpotensi jadi sarang nyamuk,” tambah Erwin.

Sebagai informasi, tercatat, sebanyak 149 warga Kota Depok telah terserang Demam Berdarah Dengue (DBD). Penderita tersebar di 11 kecamatan dan 63 kelurahan se-Kota Depok.

Sedangkan catatan Dinas Kesehatan Kota Depok, data penderita DBD yang dirawat hingga 25 Januari 2019 yakni ada 149 orang.

“Kita tak ingin penyakit ini terus meningkat. Karena itulah, selain pemerintah mengingatkan agar pencegahan dini dilakukan, masyarakatnya juga harus sadar kebersihan untuk kesehatan,” pungkas Erwin.*** (Lucy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *